Senin, 08 Agustus 2016

Cara Makan Buah Yang Benar Menurut Dokter

Bersyukur sekali kita hidup di negeri agraris sehingga hampir semua jenis tanaman buah-buahan dapat tumbuh di sini. Kita tahu buah sangat besar manfaatnya dalam memberikan nutrisi tubuh di samping makanan pokok yang rutin kita makan sehari hari.
 
Kalau di pagi hari kita pergi ke pasar hampir dipastikan akan dijumpai para penjual buah-buahan yang menawarkan aneka jenis buah. Pilihlah yang masih segar sehingga bisa bertahan lebih lama saat disimpan di rumah.

Secara umum buah-buahan mengandung banyak air sehingga ini secara tidak langsung dapat memperlancar proses pencernaan sehingga dengan demikian dapat terhindar dari endapan racun di dalam usus. Makan buah-buahan juga dipercaya bisa melembabkan kulit tubuh sehingga kulit tak tampak kusam.

Tapi tahukan saudara bagaimana cara makan buah agar manfaat yang terkandung dalam buah tersebut dapat terserap secara maksimal ke dalam tubuh kita. Menurut ilmu medis yang tersebar di masyarakat secara luas, makan buah akan lebih baik kalau dimakan saat perut dalam keadaan kosong. Ini karena kandungan nutrisi dalam buah-buahan tersebut dapat dengan cepat terserap ke dalam sel-sel tubuh.

Sebaliknya jika makan buah setelah selesai makan nasi atau dalam keadaan kenyang, maka justru akan menjadi gas di dalam perut yang mana ini akan berefek kurang baik bagi tubuh. Itulah mengapa banyak orang yang sudah tahu merekomendasikan agar makan buah sebelum makan besar, misalnya di pagi hari.

Contoh buah yang banyak mengandung air adalah tomat, jeruk, apel, pepaya, mentimun dan melon. Sementara itu untuk contoh buah yang sedikit kandungan airnya adalah pisang dan nangka.


Tulisan terkait :